Bhinneka.com
Bhinneka.com
merupakan situs e-commerce angkatan pelopor online store yang sampai saat ini
terus berkembang dan bertumbuh menjadi situs e-Commerce terbesar di Indonesia.
Disebut
angkatan pelopor, yaitu situs yang tayang sebelum abad 21, sekitar tahun
1996-1999. Sebelum Bhinneka.com tentu sebagian masyarakat masih ingat Online
Store pertama Indonesia yang sudah almarhum sejak lama yaitu toko buku
sanur.co.id, setelahnya Bhinneka.com dan beberapa situs lain muncul di antara tahun
tersebut (sebut saja Pioneer Travel indo.com, iklanbaris.co.id, Datakencana,
Glodokshop, Kaskus).
Bhinneka.com
(Indonesia #1 Webstore), dari tagline memang bervisi untuk menjadi pemain di
"kandang sendiri", bagaimana bisa menjadi pilihan Online Shopping
bagi masyarakat Indonesia. Seperti dituliskan oleh pendiri Bhinneka.com,
Hendrik Tio pada profil di web-nya, bahwa pelayanan antusias dari hati yang
membangun kepercayaan dan gempuran-gempuran persaingan yang dihadapi kemudian
hari.
Bhinneka.com
lahir dari situasi genting di saat krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun
1997-1998 yang kemudian berkembang menjadi krisis sosial politik. PT Bhinneka
Mentari Dimensi lahir tahun 1993 dan memilih bidang teknologi informasi sebagai
inti bisnisnya. Fokus pertama dimulai dari distribusi produk IT seperti PC
Build Up dan PC Compatible, Peripherals, rancang bangun perangkat lunak jasa
jaringan (Lan/Wan), solusi video editing hingga pusat servis.
Saat
krisis, nyaris lumpuh juga bisnis PT Bhinneka Mentari Dimensi, berbagai
ektensifikasi bisnis yang dipikir mampu mendongkrak bisnis dilakukan untuk
survive, di saat itulah Nicholas Tio & Hendrik Tio melihat peluang yang
barangkali dapat dilakukan, yaitu perkembangan internet yang luar biasa di USA.
Maka situs Bhinneka.com yang masih berupa profil perusahaan, disetujui untuk
dijadikan model online store.
Maka
pada 1 Juni 1999, dengan 24 personel sisa karyawan yang tinggal dari 129 staf,
dikumpulkan untuk menggalang semangat dan kesatuan untuk bangkit, dengan model
bisnis dari agensi distribusi menjadi ritel produk komputer dan berjualan
melalui internet. Maka itulah saat pertama Bhinneka.com diluncurkan dengan
program yang masih sangat sederhana, yaitu HTML. Dan para karyawan yang sama
sekali masih buta apa itu internet.
Pada
saat memulai bisnis internet ini
sebenarnya dengan modal sangat kecil. Saat itu semua hosting masih di Amerika,
mereka cuma beli domain dan bayar bulanan yang tidak lebih dari $30. Jadi modal
awal lebih digunakan untuk bertahan hidup. Jika ditotal invest tidak lebih dari
$10.000.
Pelan tapi pasti, akhirnya tahun 2001
mereka membuka offline store pertama yang terletak di Mangga Dua Mall. Tidak
besar memang, namun hal tersebut menunjukkan bahwa Bhinneka.Com nyata. Mereka
juga berpikir bahwa karakter customer ada yang menginginkan melihat produknya
langsung, maka dibangunlah offline store pertama Bhinneka.Com. Bisnis ecommers
mereka tetap digemari, dan sudah menjadi website acuan khalayak. Berbagai
penghargaan tak henti-hentinya berdatangan. Bubu Award dengan kategori
ecommers, didapatkan berturut-turut pada tahun 2002, 2003 dan 2005. Tahun 2004
juga mendapatkan penghargaan The Best
Ecommerce Company dari SWA dan masih banyak lainnya. Makin tua
makin jadi, mungkin itu yang pas dipakai untuk perusahaan ini. Selain berbagai
penghargaan yang didapat, Bhinneka.Com juga membuat partner bisnis semakin
terpaku. Berbagai macam penghargaan dari bisnis partner pun didapat, di
antaranya Roland Creative Award, Best Cisco SMB Products Reseller, Microsoft
Best Contribution for Breath Partner pada tahun 2006. Makin
banyaknya permintaan customer, maka ditambahlah offline store, yaitu di Point
Square dan Ambassador pada tahun 2007.
Pemilihan
nama Bhinneka, selain memang nama pertama dari nama perusahaan, dirasakan perlu
adanya sebuah nama yang sangat Indonesia. Apalagi kata Bhinneka mengandung
filosofi yang pas, yaitu keanekaragaman. Sebab positioning yang ingin dibangun
adalah: apapun kebutuhan produk IT Anda, klik saja Bhinneka.com, yang
menyediakan produk IT yang lengkap, up to date dan kompetitif. Maka slogan yang
menempel adalah Indonesia #1 Computer Webstore.
Setelah
kurang lebih 9 tahun, Bhinneka.com diam-diam mempersiapkan diri untuk
melebarkan sayap di luar lini produk selain produk IT & Elektronik. Maka
pada tahun 2008, tagline Indonesia #1 Computer Webstore diubah menjadi
Indonesia #1 Online Store. Dan tahun 2008 juga dibuka offline store lagi yaitu
di Pasific Place, Grand Indonesia dan Cibubur Juction. Kedekatan dengan brand
HP dan menjadi bisnis partner yang cukup erat, akhirnya membuat Bhinneka.Com membanguan
dua offline store khusus untuk produk-produk HP di Mangga Dua Mall dan Ratu
Plaza.
Produk
yang dijual makin beragam, selain produk IT & Office use (hardware,
software & solution) yang menjadi citra kuat Bhinneka.com, ada produk home
appliance & kitchen (peralatan & perlengkapan rumah & dapur), Toys
& Baby Stuff, Health Care, Beauty & Fashion, Tools, and Music.
Tampaknya Bhinneka.com terus mengenjot Kategori non IT-nya untuk dapat
mensejajarkan diri sebagai pemain online store.
hinneka.Com
juga memperluas kategori dengan membuka Photography Store pada tahun 2010 di
Gunung Sahari berdekatan dengan kantor utama Bhinneka.Com.
Membuat bisnis ecommers menjadi berkembang
dan maju mau tak mau menjadikan Bhinneka.Com mengikuti perkembangan pasar dan
teknologi. Pada tahun 2011, Bhinneka.Com mulai menunjukkan taringnya dengan
memulai kategori-kategori baru seperti Home & Electronic, Toys dan Sport
and Outdoor. Di tahun 2013 kategori yang disediakan sudah semakin banyak,
seperti ditambahkannya Otomotif, Fashion, Perkakas, Baby and Toys, dan masih banyak lainnya. kerjasama
dengan berbagai pihak bank juga mulai dilakukan, seperti dengan program cicilan
seperti dari BCA, Mandiri, CIMB Niaga, ANZ, UOB, Danamon, Bukopin, dan Mega.
Serta dengan pembayaran elektronik yang bekerjasama dengan XL. Bhinneka.Com
juga meluncurkan mobile web serta fitur potret hantu pada tahun 2012, lalu
meluncurkan fitur-fitur menarik lainnya seperti ListPedia!, Balai Bhinneka,
Bhinneka Travel, Bhinneka Affiliate ver. Beta dan terakhir meluncurkan Write
& Win.
Pertumbuhan Bhinneka.Com semakin
signifikan. Pada tahun 2013 ini customer yang sudah berbelanja sebanyak 518.662
setelah sebelumnya padah tahun 2012 berjumlah 345.691 baik perorangan maupun
perusahaan. Begitupun juga pertumbuhan karwayan, dari awal dibentuk hanya
sekitar 12 orang, saat ini sudah mencapai 500 karyawan lebih. Komunitas
Bhinneka.Com sendiri juga makin bertambah, saat ini follower twitter
@bhinnekacom mencapai 29600 dan Fans Page di Facebook Bhinneka.Com mencapai
264.000 orang.
Tidak ada yang tidak mungkin jika tekad, semangat,
doa, dan usaha selalu ada menjadikan semuanya bisa dilalui. Seperti yang
ditempuh Hendrik Tio dan rekan-rekan hingga 21 tahun ini menjadikan
Bhinneka.Com menjadi webstore nomor satu pilihan masyarakat Indonesia.
Produk
Produk-produk yang ada di Bhinneka.com
dipilih secara langsung oleh tim internal Bhinneka.com dari para merchant
partner terpercaya yang ada di Indonesia. Semua produk yang dijual oleh
Bhinneka.com merupakan produk asli dan bergaransi resmi. Bhinneka.com
menghadirkan lebih dari 40.000 pilihan produk dari 11 kategori utama, yaitu:
1. Komputer
Menyediakan
berbagai macam produk komputer, laptop, notebook, server, workstation, dan lain-lain.
2. Peripheral
Menyediakan
berbagai macam aksesoris computer mulai dari harddisk, mouse, keyboard, cpu,
pc, dan lain-lain.
3. Gadget
Kategori
gadget menyediakan berbagai produk handphone, smartphone dan tablet beserta
aksesoris dan berbagai perlengkapan penunjangnya.
4. Photography
Pada
kategori ini Bhinneka.com menyidiakan berbagai macam model kamera, aksesoris,
dan disertain perlengkapan penunjangnya.
5. Office
Ketgori
ini menyediakan berbagai macam perlengkapan kantor dari mulai alat tulis kantor
sampai berbagai aksesoris alat kantor.
6. Home & Kitchen
Di
kategori ini menyediakan berbagai peralatan rumah tangga dan perlatan dapur.
7. Tools
Pada
kategori ini menyediakan berbagai macam perlengkapan untuk semua peralatan.
8. Baby & Toys
Menyediakan
berbagai peralatan untuk bayi dan mainan bayi.
9. Hobbies
Pada
kategori ini Bhinneka.com menyediakan berbagai perlengkapan untuk menunjang
hobi yang anda suka lakukan. Contohnya anda hobi menyelam, maka Bhinneka.com
menyediakan peralatan untuk menyelam seperti kaki katak.
10. Fashion
Di
kategori ini Bhinneka.com menyediakan berbagai macam fashion dari atas tubuh
sampai bawah. Jadi Bhinneka.com menyediakan berbagai macam topi, baju, celana,
sepatu, dan lain-lain. Dan di Bhinneka.com ini menyedikan fashion yang menarik
bagi kaum wanita maupun kaum pria.
11. LFP
Jadi
untuk kategori terakhir ini Bhinneka.com menyediakan berbagai macam inkjet
color, inkjet media, software cad, dan lain-lain.
Fitur
Layanan Penting
1. Penelusuran Order
(tracking order)
Fitur
ini menampilkan informasi pesanan yang dilakukan oleh pembeli. Mulai dari
verifikasi pembayaran, estimasi pengiriman dan status pengiriman termasuk data
lengkap penelusuran pengiriman.
2. Penelusuran Service
(tracking tech.log)
Fitur
ini menampilkan informasi status
perbaikan. Oleh karena Bhinneka.Com memiliki pusat layanan teknis kepada
pelanggan, dan menjadi authorize service center beberapa merk seperti Lenovo, Hewlett Packard, HTC, Tablet,
maka setiap klaim garansi atau-pun layanan perbaikan dapat di telusuri melalui
fitur ini.
3. Testimoni Pengguna
Produk (review products)
Ini
adalah fitur testimoni atas produk yang digunakan. Pe-review menuliskan
berdasarkan pengalamanan pemakaian produk, kelebihan dan kekurangan serta
hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembelian produk tersebut. Fitur
ini salah satu yang berguna untuk calon pembeli produk ini.
4. Petugas Pelayanan
(contact us)
Seluruh
informasi petugas yang melayani tersedia disini, sehingga setiap email
pengunjung akan langsung ditujukan ke bagian yang melayani.
5. Lokasi toko (Store
Location)
Bhinneka.Com
selain sebagai situs online, juga memiliki toko-toko offline pendukung, untuk
pelanggan yang ingin melihat produk terlebih dahulu, atau ingin melakukan
transaksi langsung serta menyakinkan diri akan keberadaan dan sejauh mana
Bhinneka.Com adalah perusahaan yang dapat dipercaya, dapat ke-toko-toko
offline. Harga yang mereka tawarkan antara online maupun offline sama.
6. Panduan Belanja
(Shopping Guidance)
Di
sini tersedia informasi lengkap baik tata cara belanja, berbagai cara melakukan
belanja maupun berbagai metode bayar yang dapat digunakan.
Service
Center
Bhinneka.Com,
karena asalnya perusahaan ini adalah perusahaan TI sehingga mereka memiliki
servis center sendiri untuk memberikan layanan teknis kepada pembeli baik untuk
produk yang masih bergaransi maupun yang lewat garansi.
Pusat
servis melayani jasa perbaikan, layanan pengambilan barang dan layanan untuk
instalasi bisa baik untuk jaringan maupun stand alone. Termasuk juga
Bhinneka.Com adalah partner servis dari
Lenovo, HP printer, HTC, drop zone Tabulet dan Sony Gadget.
Sekian
pembahasan tentang Bhinneka.com . Jadi buat apa ragu lagi untuk berbelanja disitus
online ini. Apalagi banyak promo harga untuk yang suka berbelanja online.
Budaya
Perusahaan
Seperti
yang ditulis oleh Founder & CEO Bhinneka.com mengenai visi membangun bisnis
yang berdaya tahan, dengan membangun budaya perusahaan. Karena Bhinneka.com
berangkat dari situasi berat waktu krisis, jadi budaya juang dengan kalimat
"bermental baja" atau "jangan cengeng" lumayan kental dalam
bekerja, di samping penyeimbang budaya FUN juga ke segenap awak Bhinnekanerz
(panggilan sayang staf dan karyawan Bhinneka.com). Lima Budaya Bhinnekanerz
adalah:
1.
Religious
2.
Knowledgeable
3.
Tough
4.
Passionate
5.
Fun
Nilai
Bersama dalam melakukan pekerjaan melayani pelanggan dirumuskan dengan
"Pelayanan Antusias dari Hati".
http://fahdahrlna.blogspot.co.id/2015/02/bhinnekacom-e-commerce.html
http://www.bhinneka.com
http://www.bhinneka.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar