Minggu, 08 Oktober 2017

Perusahaan Yang Bergerak Dibidang TIK

Bhinneka.com



Bhinneka.com merupakan situs e-commerce angkatan pelopor online store yang sampai saat ini terus berkembang dan bertumbuh menjadi situs e-Commerce terbesar di Indonesia.
Disebut angkatan pelopor, yaitu situs yang tayang sebelum abad 21, sekitar tahun 1996-1999. Sebelum Bhinneka.com tentu sebagian masyarakat masih ingat Online Store pertama Indonesia yang sudah almarhum sejak lama yaitu toko buku sanur.co.id, setelahnya Bhinneka.com dan beberapa situs lain muncul di antara tahun tersebut (sebut saja Pioneer Travel indo.com, iklanbaris.co.id, Datakencana, Glodokshop, Kaskus).
Bhinneka.com (Indonesia #1 Webstore), dari tagline memang bervisi untuk menjadi pemain di "kandang sendiri", bagaimana bisa menjadi pilihan Online Shopping bagi masyarakat Indonesia. Seperti dituliskan oleh pendiri Bhinneka.com, Hendrik Tio pada profil di web-nya, bahwa pelayanan antusias dari hati yang membangun kepercayaan dan gempuran-gempuran persaingan yang dihadapi kemudian hari.
Bhinneka.com lahir dari situasi genting di saat krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1997-1998 yang kemudian berkembang menjadi krisis sosial politik. PT Bhinneka Mentari Dimensi lahir tahun 1993 dan memilih bidang teknologi informasi sebagai inti bisnisnya. Fokus pertama dimulai dari distribusi produk IT seperti PC Build Up dan PC Compatible, Peripherals, rancang bangun perangkat lunak jasa jaringan (Lan/Wan), solusi video editing hingga pusat servis.
Saat krisis, nyaris lumpuh juga bisnis PT Bhinneka Mentari Dimensi, berbagai ektensifikasi bisnis yang dipikir mampu mendongkrak bisnis dilakukan untuk survive, di saat itulah Nicholas Tio & Hendrik Tio melihat peluang yang barangkali dapat dilakukan, yaitu perkembangan internet yang luar biasa di USA. Maka situs Bhinneka.com yang masih berupa profil perusahaan, disetujui untuk dijadikan model online store.
Maka pada 1 Juni 1999, dengan 24 personel sisa karyawan yang tinggal dari 129 staf, dikumpulkan untuk menggalang semangat dan kesatuan untuk bangkit, dengan model bisnis dari agensi distribusi menjadi ritel produk komputer dan berjualan melalui internet. Maka itulah saat pertama Bhinneka.com diluncurkan dengan program yang masih sangat sederhana, yaitu HTML. Dan para karyawan yang sama sekali masih buta apa itu internet.
Pada saat memulai  bisnis internet ini sebenarnya dengan modal sangat kecil. Saat itu semua hosting masih di Amerika, mereka cuma beli domain dan bayar bulanan yang tidak lebih dari $30. Jadi modal awal lebih digunakan untuk bertahan hidup. Jika ditotal invest tidak lebih dari $10.000.
    

Pelan tapi pasti, akhirnya tahun 2001 mereka membuka offline store pertama yang terletak di Mangga Dua Mall. Tidak besar memang, namun hal tersebut menunjukkan bahwa Bhinneka.Com nyata. Mereka juga berpikir bahwa karakter customer ada yang menginginkan melihat produknya langsung, maka dibangunlah offline store pertama Bhinneka.Com. Bisnis ecommers mereka tetap digemari, dan sudah menjadi website acuan khalayak. Berbagai penghargaan tak henti-hentinya berdatangan. Bubu Award dengan kategori ecommers, didapatkan berturut-turut pada tahun 2002, 2003 dan 2005. Tahun 2004 juga mendapatkan penghargaan The Best  Ecommerce  Company  dari SWA dan masih banyak lainnya. Makin tua makin jadi, mungkin itu yang pas dipakai untuk perusahaan ini. Selain berbagai penghargaan yang didapat, Bhinneka.Com juga membuat partner bisnis semakin terpaku. Berbagai macam penghargaan dari bisnis partner pun didapat, di antaranya Roland Creative Award, Best Cisco SMB Products Reseller, Microsoft Best Contribution for Breath Partner pada tahun 2006. Makin banyaknya permintaan customer, maka ditambahlah offline store, yaitu di Point Square dan Ambassador pada tahun 2007.
Pemilihan nama Bhinneka, selain memang nama pertama dari nama perusahaan, dirasakan perlu adanya sebuah nama yang sangat Indonesia. Apalagi kata Bhinneka mengandung filosofi yang pas, yaitu keanekaragaman. Sebab positioning yang ingin dibangun adalah: apapun kebutuhan produk IT Anda, klik saja Bhinneka.com, yang menyediakan produk IT yang lengkap, up to date dan kompetitif. Maka slogan yang menempel adalah Indonesia #1 Computer Webstore.

Setelah kurang lebih 9 tahun, Bhinneka.com diam-diam mempersiapkan diri untuk melebarkan sayap di luar lini produk selain produk IT & Elektronik. Maka pada tahun 2008, tagline Indonesia #1 Computer Webstore diubah menjadi Indonesia #1 Online Store. Dan tahun 2008 juga dibuka offline store lagi yaitu di Pasific Place, Grand Indonesia dan Cibubur Juction. Kedekatan dengan brand HP dan menjadi bisnis partner yang cukup erat, akhirnya membuat Bhinneka.Com membanguan dua offline store khusus untuk produk-produk HP di Mangga Dua Mall dan Ratu Plaza.
Produk yang dijual makin beragam, selain produk IT & Office use (hardware, software & solution) yang menjadi citra kuat Bhinneka.com, ada produk home appliance & kitchen (peralatan & perlengkapan rumah & dapur), Toys & Baby Stuff, Health Care, Beauty & Fashion, Tools, and Music. Tampaknya Bhinneka.com terus mengenjot Kategori non IT-nya untuk dapat mensejajarkan diri sebagai pemain online store.
hinneka.Com juga memperluas kategori dengan membuka Photography Store pada tahun 2010 di Gunung Sahari berdekatan dengan kantor utama Bhinneka.Com.
    Membuat bisnis ecommers menjadi berkembang dan maju mau tak mau menjadikan Bhinneka.Com mengikuti perkembangan pasar dan teknologi. Pada tahun 2011, Bhinneka.Com mulai menunjukkan taringnya dengan memulai kategori-kategori baru seperti Home & Electronic, Toys dan Sport and Outdoor. Di tahun 2013 kategori yang disediakan sudah semakin banyak, seperti ditambahkannya Otomotif, Fashion, Perkakas,  Baby and Toys, dan masih banyak lainnya. kerjasama dengan berbagai pihak bank juga mulai dilakukan, seperti dengan program cicilan seperti dari BCA, Mandiri, CIMB Niaga, ANZ, UOB, Danamon, Bukopin, dan Mega. Serta dengan pembayaran elektronik yang bekerjasama dengan XL. Bhinneka.Com juga meluncurkan mobile web serta fitur potret hantu pada tahun 2012, lalu meluncurkan fitur-fitur menarik lainnya seperti ListPedia!, Balai Bhinneka, Bhinneka Travel, Bhinneka Affiliate ver. Beta dan terakhir meluncurkan Write & Win.

    Pertumbuhan Bhinneka.Com semakin signifikan. Pada tahun 2013 ini customer yang sudah berbelanja sebanyak 518.662 setelah sebelumnya padah tahun 2012 berjumlah 345.691 baik perorangan maupun perusahaan. Begitupun juga pertumbuhan karwayan, dari awal dibentuk hanya sekitar 12 orang, saat ini sudah mencapai 500 karyawan lebih. Komunitas Bhinneka.Com sendiri juga makin bertambah, saat ini follower twitter @bhinnekacom mencapai 29600 dan Fans Page di Facebook Bhinneka.Com mencapai 264.000 orang.
   Tidak ada yang tidak mungkin jika tekad, semangat, doa, dan usaha selalu ada menjadikan semuanya bisa dilalui. Seperti yang ditempuh Hendrik Tio dan rekan-rekan hingga 21 tahun ini menjadikan Bhinneka.Com menjadi webstore nomor satu pilihan masyarakat Indonesia.

Produk
    Produk-produk yang ada di Bhinneka.com dipilih secara langsung oleh tim internal Bhinneka.com dari para merchant partner terpercaya yang ada di Indonesia. Semua produk yang dijual oleh Bhinneka.com merupakan produk asli dan bergaransi resmi. Bhinneka.com menghadirkan lebih dari 40.000 pilihan produk dari 11 kategori utama, yaitu:
1.    Komputer
Menyediakan berbagai macam produk komputer, laptop, notebook, server,             workstation, dan lain-lain.
2.    Peripheral
Menyediakan berbagai macam aksesoris computer mulai dari harddisk, mouse, keyboard, cpu, pc, dan lain-lain.
3.    Gadget
Kategori gadget menyediakan berbagai produk handphone, smartphone dan tablet beserta aksesoris dan berbagai perlengkapan penunjangnya.
4.    Photography
Pada kategori ini Bhinneka.com menyidiakan berbagai macam model kamera, aksesoris, dan disertain perlengkapan penunjangnya.
5.    Office
Ketgori ini menyediakan berbagai macam perlengkapan kantor dari mulai alat tulis kantor sampai berbagai aksesoris alat kantor.
6.    Home & Kitchen
Di kategori ini menyediakan berbagai peralatan rumah tangga dan perlatan dapur.
7.    Tools
Pada kategori ini menyediakan berbagai macam perlengkapan untuk semua peralatan.
8.    Baby & Toys
Menyediakan berbagai peralatan untuk bayi dan mainan bayi.
9.    Hobbies
Pada kategori ini Bhinneka.com menyediakan berbagai perlengkapan untuk menunjang hobi yang anda suka lakukan. Contohnya anda hobi menyelam, maka Bhinneka.com menyediakan peralatan untuk menyelam seperti kaki katak.
10.    Fashion
Di kategori ini Bhinneka.com menyediakan berbagai macam fashion dari atas tubuh sampai bawah. Jadi Bhinneka.com menyediakan berbagai macam topi, baju, celana, sepatu, dan lain-lain. Dan di Bhinneka.com ini menyedikan fashion yang menarik bagi kaum wanita maupun kaum pria.
11.    LFP
Jadi untuk kategori terakhir ini Bhinneka.com menyediakan berbagai macam inkjet color, inkjet media, software cad, dan lain-lain.

Fitur Layanan Penting

1. Penelusuran Order (tracking order)
Fitur ini menampilkan informasi pesanan yang dilakukan oleh pembeli. Mulai dari verifikasi pembayaran, estimasi pengiriman dan status pengiriman termasuk data lengkap penelusuran pengiriman.
2. Penelusuran Service (tracking tech.log)
Fitur ini menampilkan informasi  status perbaikan. Oleh karena Bhinneka.Com memiliki pusat layanan teknis kepada pelanggan, dan menjadi authorize service center beberapa merk  seperti Lenovo, Hewlett Packard, HTC, Tablet, maka setiap klaim garansi atau-pun layanan perbaikan dapat di telusuri melalui fitur ini.
3. Testimoni Pengguna Produk (review products)
Ini adalah fitur testimoni atas produk yang digunakan. Pe-review menuliskan berdasarkan pengalamanan pemakaian produk, kelebihan dan kekurangan serta hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembelian produk tersebut. Fitur ini salah satu yang berguna untuk calon pembeli produk ini.
4. Petugas Pelayanan (contact us)
Seluruh informasi petugas yang melayani tersedia disini, sehingga setiap email pengunjung akan langsung ditujukan ke bagian yang melayani.
5. Lokasi toko (Store Location)
Bhinneka.Com selain sebagai situs online, juga memiliki toko-toko offline pendukung, untuk pelanggan yang ingin melihat produk terlebih dahulu, atau ingin melakukan transaksi langsung serta menyakinkan diri akan keberadaan dan sejauh mana Bhinneka.Com adalah perusahaan yang dapat dipercaya, dapat ke-toko-toko offline. Harga yang mereka tawarkan antara online maupun offline sama. 
6. Panduan Belanja (Shopping Guidance)
Di sini tersedia informasi lengkap baik tata cara belanja, berbagai cara melakukan belanja maupun berbagai metode bayar yang dapat digunakan.

Service Center

            Bhinneka.Com, karena asalnya perusahaan ini adalah perusahaan TI sehingga mereka memiliki servis center sendiri untuk memberikan layanan teknis kepada pembeli baik untuk produk yang masih bergaransi maupun yang lewat garansi.
Pusat servis melayani jasa perbaikan, layanan pengambilan barang dan layanan untuk instalasi bisa baik untuk jaringan maupun stand alone. Termasuk juga Bhinneka.Com adalah partner servis  dari Lenovo, HP printer, HTC, drop zone Tabulet dan Sony Gadget.
Sekian pembahasan tentang Bhinneka.com . Jadi buat apa ragu lagi untuk berbelanja disitus online ini. Apalagi banyak promo harga untuk yang suka berbelanja online.

Budaya Perusahaan

Seperti yang ditulis oleh Founder & CEO Bhinneka.com mengenai visi membangun bisnis yang berdaya tahan, dengan membangun budaya perusahaan. Karena Bhinneka.com berangkat dari situasi berat waktu krisis, jadi budaya juang dengan kalimat "bermental baja" atau "jangan cengeng" lumayan kental dalam bekerja, di samping penyeimbang budaya FUN juga ke segenap awak Bhinnekanerz (panggilan sayang staf dan karyawan Bhinneka.com). Lima Budaya Bhinnekanerz adalah:
1. Religious
2. Knowledgeable
3. Tough
4. Passionate
5. Fun

Nilai Bersama dalam melakukan pekerjaan melayani pelanggan dirumuskan dengan "Pelayanan Antusias dari Hati".









http://fahdahrlna.blogspot.co.id/2015/02/bhinnekacom-e-commerce.html
http://www.bhinneka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar